Sekilas Cara Memilih Modem Internet Broadband

Sekilas Cara Memilih Modem Internet Broadband - Modem apa yang paling bagus / baik digunakan untuk berinternetan dan bagaimana cara memilih modem GSM atau CDMA yang cocok agar saat membuka atau berselancar di dunia maya tidak ngadat alias lelet, mempunyai modem handal stabil kencang sudah pasti jadi harapan bagi siapapun penggunannya.

Memilih modem atau jaringan yang cocok didaerah kita bukan hal yg gampang juga bukanhal yg mudah. kita harus tetap berhati-hati karena jaringan yang hendak digunakan itu tidaklah terlihat dengan kasat mata karena semuanya menggunakan frekuensi yang sudah tentu membutuhkan alat yang dapat menerima frekuensi tersebut dan mengubahnya menjadi paket data yang sudah dimodulator, itulah modem (modulator de modulator).
Sekilas Cara atau Tips Memilih Modem Internet
Seandainya frekuensi itu bisa dilihat dengan mata telanjang seperti lintasan benang tipis dan benang tebal yang berwana-warni tentu kita akan dengan mudah untuk mencari bahkan mungkin kita pengguna tidak akan kesulitan untuk memilihnya, tentu yang akan kita pilih benang yang tebal dengan warna jaringan yang sama. Diatas sekilas analogi atau gambaran menurut saya yang kita umpamakan benang tipis itu koneksinya kecil, benang tebal koneksinya besar sedangkan warna untuk jaringan internet yang akan di gunakan.
Modem adalah Modulator - Demodulator merupakan suatu alat perangkat keras (hardware) yang mempunyai bentuk fisik, kecepatan sebuah modem diukur dengan satuan bps (bit per second) atau kbps (kilobit per second). pengertian Modulator adalah suatu rangkaian yang berfungsi melakukan proses modulasi, yaitu proses “menumpangkan” data pada frekuensi gelombang pembawa (carrier signal) ke sinyal informasi/pesan agar bisa dikirim ke penerima melalui media tertentu ( seperti media kabel atau udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut juga sinyal pemodulasi. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital dirubah menjadi sinyal Analog Demodulator mempunyai fungsi kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data yang berupa sinyal Analog diberubah kembali menjadi sinyal digital agar bisa terbaca di komputer penerima. Dan Modem merupakan penggabungan dari kedua sistem tersebut diatas, sehingga modem merupakan alat komunikasi dua arah.

Karena modem adalah alat yang digunakan untuk mengubah sinyal sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan alat tersebut tentu modem menggunakan media penghubung, dan media penghubungnya ada yang menggunakan media kabel dan nirkabel. Modem dengan media kabel, Merupakan modem untuk aksesnya menggunakan jaringan kabel, misalnya seperti jaringan kabel telepon. Modem kabel yang pada awalnya hanya ada yang eksternal (dihubungkan ke PC via kabel serial melalui port COMx yang menggunakan kabel DB-9 atau DB-25), beberapa tahun kemudian setelah modem menjadi kebutuhan pokok, mucullah modem internal (yang tertanam langsung di motherboard).

modeminternalspeedy
 Gambar Modem Internal
Modem Internal ini biasanya dipasang didalam CPU komputer yang dihubungkan pada slot PCI yang terdapat didalam CPU komputer.
modemadsl
Gambar Modem External
Pada periode 1990-an ditawarkan juga koneksi kabel digital dari sentral telepon ke rumah pelanggan menggunakn fiber-optik yang merupakan realisasi dari jaringan telepon ISDN (leased-line dengan kecepatan 144 kbps). Kemudian setelah tahun 2000, muncul teknologi baru pengganti fiber-optik yang dikenal dengan nama modem ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line: kabel pelanggan digital asimetrik). Koneksinya menggunakan modem digital di dua sisi yaitu sisi pelanggan dan sisi sentral telepon. Selain menggunakan jaringan telepon, modem kabel juga bisa menggunakan jaringan TV kabel.

Modem Wireless
Teknologi wireless untuk akses data merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah disepakati, seperti modem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.
modeminternetancepat
Sebelum memilih menggunakan modem ada baiknya terlebih dahulu mengetahui jaringan apa yang ada di tempat kita, GSM atau CDMA so jangan mudah terpengaruh dengan iklan-iklan saja tetapi kekekuatan sinyal yang kita peroleh itu sangat mempengaruhi kecepatan akses internetnya, silahkan baca perbedaan kecepatan koneksi GPRS EDGE dan HSDPA untuk mengetahui perbedaan koneksi.

Tips Cara Memilih Kartu Perdana Internet Broadband Modem GSM/ CDMA
Coba cari teman disekitar anda yang sudah mempunyai modem dan ajak ketempat anda dimana nantinya anda akan berinternetan atau tempat yang biasa anda gunakan, gunakan scan manual dari modem untuk mengetahui jaringan apa saja yang ada di daerah tersebut, karena tidak jaminan jika kita hanya berpatokan dari sinyal handphone saja untuk mengetahuinya bisa saja sinyal yang didapat dari handphone penuh tapi pas menggunakan modem malahan modem tersebut tidak mendapatkan sinyal apa-apa, karena frekuensinya berbeda antara frekuensi telephone yang biasa kita gunakana dengan frekuensi data, menurut analisa saya belum semua BTS dilengkapi dengan jaringan HSDPA.

networkprovider
Gambar Scan manual dengan Modem
Dari gambar diatas merupakan hasil scan manual dengan menggunakan modem biasa mobinil, huawei terlihat jelas kalau ditempat ini semua provider dari AXIS, XL, INDOSAT, T-SEL dan 3 (tree) mendapat sinyal 3G semua, nah kalau begini tinggal kita tentukan maunya pake kartu apa karena semua jaringan sudah mendukung dengan jaringan 3G.
memilihkartuperdanainternet

Setelah didapat sinyal apa yang paling kencang didaerah tersebut  barulah kita memilih kartu apa yang nantinya akan di pergunakan berdasarkan paket-paket yang ditawarkan baik itu harian, mingguan, bulanan dan lain sebagainya tergantung dari kebutuhan kita sebagai pengguna.

Seting Jaringan WCDMA Only

Setelah memilih provider apa yang digunakan ada baiknya melakukan perubahan pada konfigurasi modemnya dengan memilih menu Option - Network - Network Type hal ini bertujuan agar sinyal yang nantinya di tanggkap oleh modem hanya sinyal WCDMA saja alias gak berubah ubah menjadi EDGE atau GPRS.
koneksiHSDPA
Gambar Modem Konek dengan Sinyal HSDPA
Jika sudah diketahui ditempat tersebut jaringan apa saja yang ada langkah selanjuntnya adalam memilih koneksi dengan menggunakan jasa provider apa, apakah itu GSM seperti Telkomsel,Indosat, Tree, Axis dan XL, atau CDMA seperti Startone, Flexi, Freen dll. Cara memilih kartu perdana untuk modem sebaiknya cari modem yang mempunyai feature/kelebihan baik itu dari Upstream maupun Downstreamnya, cari yang tahan panas, yang sudah pasti produk tersebut sudah teruji dan sudah banyak yang menggunakannya seperti modem huawei, at&t dan masih banyak lagi type-type modem yang beredar dipasaran, kompatibel dengan berbagai sistem operasi maupun perangkat keras lainnya, tidak berpatokan dengan satu provider saja dengan kata lain modem tersebut bisa ganti-ganti kartu sesama GSM atau sesama CDMA, ada konektor untuk antena external hal ini bisa kita tambahkan jika saat berpergian di tempat tersebut sinyalnya lemah bisa dengan menambahkan antena untuk memperkuat sinyal tersebut.

Modem GSM tidak bisa digunakan untuk modem CDMA begitu juga sebaliknya, bukan sebatas konfigurasi pada aplikasi atau firmwarenya saja, tetapi ada perbedaan pada perangkat keras (hardwarenya) juga band frekuensinya tidak sama, jika ditempat anda mendukung kedua jaringan tersebut sebaiknya saat memilih modem ada baiknya cari modem yang mendukung kedua-duanya dalam satu perangkat.
0 Komentar untuk "Sekilas Cara Memilih Modem Internet Broadband"

Back To Top